Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mendapatkan Izin Orang Tua untuk Kuliah Jauh dari Rumah (Beserta Alasan Mereka Melarangmu)

Masa-masa akhir kelas dua belas seringkali menjadi masa yang membingungkan. Pada rentang usia ini, kita diharapkan sudah bisa memutuskan tentang langkah apa yang akan kita ambil nantinya. Ada yang lebih memilih untuk kerja atau kuliahsemua orang punya alasan sendiri.

Bagi kamu yang memutuskan untuk lanjut kuliah, terutama di tempat yang jauh dari rumah, izin orang tua seringkali menjadi penghalang untuk kamu mewujudkan keinginanmu. 

Izin untuk kuliah jauh dari orang tua
Pexels/Retha Ferguson

Alasan orang tua tidak mengizinkan anaknya kuliah jauh dari rumah.

Jangan berburuk sangka dulu. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa orang tua tidak menyetujui keinginan anaknya untuk kuliah jauh dari kampung halaman.

Berikut bisa jadi alasan mengapa orang tua tidak menginzinkan kamu untuk kuliah jauh dari kampung halaman.

1. Takut kamu salah pergaulan

Kuliah di tempat yang jauh dari orang tua tentu saja membatasi pengawasan orang tua terhadap kamu. Kamu seakan dibiarkan bebas melakukan apapun yang kamu suka. Karena hal itulah, bukan tidak mungkin orang tua menjadi takut kalau tiba-tiba kamu salah pergaulan.

2. Menganggap kamu belum dewasa

Jika ada yang mengatakan bahwa, kamu akan selalu menjadi anak kecil bagi orangtuamu, terutama ibumu, itu benar. Seberapa besar apapun kamu, orang tua akan tetap menganggapmu sebagai putra-putri kecilnya, apalagi kalau kamu anak tunggal atau anak bungsu. Orang tua menganggap bahwa kamu masih butuh kasih sayang dan bimbingan dari jarak dekat.

3. Takut kangen

Saat kamu tinggal jauh dari orang tua nanti, orang tuamu pasti tidak akan bisa melihatmu setiap hari seperti saat kamu masih satu rumah dengan mereka. Saat kuliah di tempat yang jauh dari orang tua, kamu tidak akan bisa leluasa pulang kampung. Kamu tidak akan bisa setiap hari pulang seperti saat masih berada di bangku SMA yang masih dekat dengan rumah.

Kamu mungkin saja hanya bisa pulang sebulan sekali, satu semester sekali, atau bahkan hanya pada hari-hari besar.

4. Belum siap melepas anaknya

Berhubungan dengan beberapa hal di atas, orang tua seringkali merasa belum siap untuk melepas anaknya. Masih banyak lagi yang mereka pertimbangkan menyangkut kesiapanmu untuk tinggal jauh dari mereka nanti.

Cara mendapat izin untuk kuliah jauh dari orang tua

Setelah mengetahui beberapa alasan kamu tidak mendapat restu orang tua untuk kuliah jauh dari rumah, kamu bisa praktikkan cara-cara ini.

1. Pastikan kamu yakin dengan pilihan yang kamu ambil

Pertama, pastikan kamu benar-benar sudah yakin dengan pilihan yang kamu ambil. Tentu saja, kalau kamu sendiri ragu, bagaimana orang tuamu bisa percaya dengan keputusanmu? 

Pastikan kamu sudah tau apa yang akan kamu hadapi ketika memilih untuk kuliah jauh dari orang tua. Kamu bisa melakukan riset melalui internet untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kampus tujuan, daerah rencana kos, dan sebagainya. Dengan cara ini, kamu bisa meyakinkan orang tua kalau pilihan yang kamu pilih memang sudah tepat buatmu.

2. Pastikan sudah diterima di salah satu perguruan tinggi yang diinginkan

Mungkin kamu hanya dianggap main-main saat meminta izin kepada orang tua untuk kuliah jauh dari rumah. Kalau ini adalah masalahnya, kamu bisa menunjukkan semacam Letter of Acceptance (LoA); sebuah surat atau pengumuman yang menujukkan bahwa kamu memang sudah diterima di perguruan tinggi tertentu. 

Dengan menunjukkan LoA ini mungkin saja bisa meluluhkan hati orang tuamu dan kemudian memberikan restunya agar kamu bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi impianmu.

3. Yakinkan orang tua bahwa kamu bisa mengurus diri kamu sendiri

Setelah kamu memahami ketakutan orang tuamu bahwa kamu tidak bisa mengurus diri sendiri di perantauan nanti, mulai sekarang yakinkan mereka kalau kamu bisa mengurus dirimu sendiri. 

Kalau biasanya kamu sangat manja, mulailah belajar untuk hidup mandiri. Bisa dimulai dengan hal kecil seperti mencuci pakaian sendiri, makan tepat waktu tanpa perlu diingatkan, dan lain-lain. 

Intinya, yakinkan mereka bahwa kamu memang sudah besar dan bisa mengurus kebutuhanmu sendiri.

4. Berjanjilah bahwa kamu akan sering menelepon

Ini tidak menjamin bahwa kamu akan otomatis mendapat izin dari orang tuamu. Tapi setidaknya, berjanjilah bahwa meskipun mereka tidak akan setiap saat bisa melihatmu, mereka akan tetap bisa mendengar suaramu. Itu sudah cukup untuk mengobati rasa kangen orang tua kepada anaknya. Tapi pastikan kamu akan menepati janjimu nanti, ya.

5. Akan lebih menguntungkan kalau kamu punya saudara yang tinggal di kota tujuan

Nah, ini yang mungkin menjadi kekhawatiran sendiri untuk setiap orang tua. Orang tua mana yang akan tega melihat anaknya seperti sebatang kara di kota orang? 

Kalau kamu punya saudara yang tinggal paling tidak satu kota dengan kampus tujuanmu, itu akan menjadi nilai tambah buatmu dalam rangka mendapatkan izin dari orang tua.

Kamu tidak harus tinggal dengan saudaramu, tapi paling tidak, orang tuamu yakin bahwa akan ada seseorang yang membantumu saat kamu sudah jauh dari mereka nanti.

6. Tunjukkan tekad yang kuat

Kalau pada poin nomor dua (dengan menunjukkan LoA yang akan memudahkan langkahmu) artinya kamu harus sudah mengantongi kata “selamat!” dari perguruan tinggi impian. Namun bagaimana kalau kamu belum memiliki hal itu?

Kamu bisa menunjukkan tekad yang kuat bahwa kamu memang ingin sekali masuk ke perguruan tinggi impianmu. Bisa dengan mengikuti berbagai macam Try Out masuk perguruan tinggi, jadawal belajar yang teratur.

7. Pikirkan kembali pilihanmu

Kalau kamu sudah menerapkan segala cara tetapi tetap saja tidak mendapatkan restu dari orang tua, coba renungkan kembali pilihanmu untuk kuliah jauh dari orang tua. Tanyakan juga apa alasan mereka tetap bersikukuh untuk tidak mau melepaskanmu.

8. Berdoa

Nah, kalau semua cara sudah kamu lakukan, tapi kamu belum juga mengantongi izin orang tua untuk kuliah di tempat yang jauh, kamu harus berlapang dada. Mungkin itulah yang terbaik buatmu. Berdoa agar kamu diberika keikhlasan dan ketabahan untuk menerima segala hal.

Kalau kamu pada akhirnya mengantongi izin mereka untuk melanjutkan kuliah di kampus impian, selamat! Jangan lupa selalu berdoa agar dimudahkan untuk melalui apapun yang akan kamu hadapi nanti.

Post a Comment for "8 Cara Mendapatkan Izin Orang Tua untuk Kuliah Jauh dari Rumah (Beserta Alasan Mereka Melarangmu)"

Berlangganan via Email