Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Judul Skripsi Agar Cepat Disetujui Dosen Pembimbing

 

Skripsi adalah suatu tugas yang dibebankan kepada mahasiswa tingkat akhir yang bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa selama menjalani masa perkuliahan. Oleh karena itu, skripsi harus bisa mencerminkan bidang studi yang telah ditekuni selama 4 tahun.

Menginjak semester 7, mahasiswa sudah dihadapkan pada pemilihan judul skripsi. Ada yang harus mengajukan judul berkali-kali namun tidak kunjung mendapat ACC dari dosen, ada yang sekali mengajukan judul langsung di ACC.

Menentukan Judul Skripsi Agar Cepat di-ACC Dosbing
Menentukan Judul Skripsi Agar Cepat di-ACC Dosbing

Simak tips dan cara membuat judul skripsi agar cepat mendapat ACC atau persetujuan dari dosbing atau dosen pembimbing skripsi.

1. Topik Penelitian atau Topik Skripsi

Pertama-tama tentu saja kamu harus menentukan topik penelitian. Memang tidak selalu mudah untuk mendapatkan topik penelitian. Di sini, yang bisa kamu lakukan adalah mengamati, dan berbincang dengan teman sekelas atau kakak tingkat untuk brainstorming. Kamu juga bisa membaca-baca penelitian terdahulu atau skripsi dari kakak tingkatmu. Kamu juga bisa mengamati fenomena yang terjadi di sekitarmu untuk mendapatkan topik penelitian. Kamu bahkan bisa menghubungkan hobi atau hal yang kamu minati untuk mendapatkan benang merah terkait topik penelitianmu.

Misalnya saja kamu adalah seorang mahasiswa Manajemen Pemasaran sekaligus seorang  K-Popers, kamu bisa menyusun judul penelitian seperti, “Pengaruh Demam K-Pop terhadap Strategi Pemasaran Brand X”.

Coba untuk mempertimbangkan kembali hal yang menjadi minatmu dan kemudian mencari benang merah untuk judul skripsi yang terkait dengan jurusan kuliahmu. Dengan meneliti sesuatu yang kamu sukai, semua akan terasa ringan saat kamu mengerjakan skripsimu nanti karena tidak ada keterpaksaan. Dan yang lebih penting, dengan menunjukkan suatu minat atau ketertarikan, dosen pembimbingmu mungkin akan lebih mudah untuk menyetujui judul skripsimu karena melihat antusiasme yang kamu tunjukkan.

2. Urgensi atau manfaat dari penelitian

Pada poin ini, kamu harus mampu membuktikan urgensi untuk diadakannya penelitian yang akan kamu lakukan. Apa manfaat yang bisa diberikan oleh penelitianmu nantinya, terutama dalam membantu mengatasi masalah yang terjadi di sekitarmu saat ini.

Ada berbagai pihak yang bisa mendapatkan manfaat dari penelitianmu, bisa jadi pemerintah, perusahaan, atau masyarakat. Uraikan apakah mungkin penelitianmu bisa untuk dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan, atau mungkin bisa memberikan metode dalam suatu bidang misal strategi pemasaran yang baru, atau mungkin penelitianmu bisa berguna untuk memahami lebih dalam tentang suatu fenomena. Apapun itu, yakinkan dosen pembimbing kalau skripsimu akan bermanfaat untuk berbagai pihak.

3. Kemudahan akses data untuk penelitian

Penelitian tidak akan bisa berjalan tanpa adanya data yang mendukung. Entah datamu berasal dari statistik yang dikeluarkan oleh pemerintah atau swasta, informasi dari narasumber, percobaan laboratorium, pengamatan lapangan, dan lain-lain. Di sini kamu harus bisa membuktikan pada dosen pembimbing kalau data itu benar-benar ada dan akan kamu dapatkan dan relevan dengan topik penelitianmu.

Kalau terindikasi kamu bakal kesulitan dalam memperoleh data, mau tidak mau kamu harus ganti judul. Bagaimanapun, kamu tidak akan bisa melanjutkan penelitianmu jika tidak ada atau kurangnya data yang akan kamu analisis. Jadi, daripada terhambat di tengah jalan, lebih baik kamu memperhatikan kemudahan dan kelengkapan akses data yang kamu butuhkan dari awal.

4. Kebaruan dalam penelitian

Skripsi untuk jenjang S1 tidak seperti disertasi untuk S3 yang benar-benar harus menawarkan suatu kebaruan dalam penelitian. Meskipun begitu, tetap harus ada kebaruan dalam skripsimu dibandingkan dengan skripsi atau penelitian terdahulu. Kebaruan yang dimaksud bisa saja dalam metode yang digunakan, teori yang digunakan, lokasi penelitian, objek penelitian, dan lain sebagainya.

Misal kamu menemukan suatu penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode X Terhadap Minat Baca Siswa SMP A”. Kemudian judulmu bisa “Pengaruh Penerapan Metode Z Terhadap Minat Baca Siswa SMP B”. Dengan cara seperti ini, skripsimu sudah dianggap memiliki kebaruan untuk jenjang S1.

5. Metode penelitian yang akan dipakai

Kalau kamu membaca Bab 3 dari skripsi atau proposal skripsi, disitu diuraikan dengan jelas seluk beluk metode penelitian yang dilalui. Dalam Bab metodologi penelitian terdapat jenis penelitian, sumber data, teknik cuplik/sampling, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan prosedur penelitian.

Meskipun belum menuliskannya secara detail, saat berkonsultasi tentang judul skripsi kepada dosen pembimbing, minimal kamu harus mengetahui gambaran besar dari metode penelitianmu. Apa saja sumber data yang akan kamu gunakan; dokumen, narasumber, responden, dan sebagainya. Bagaimana kamu menentukan teknik cuplik atau teknik sampling, menggunakan total sampling, random sampling, purposive, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data akan menggunakan document analysis, wawancara, kuesioner, Focus Group Discussion, observasi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, semua hal ini sudah kamu pelajari dalam mata kuliah Metode Penelitian. Sekarang, saatnya kamu menerapkannya pada proposal penelitian atau proposal skripsi agar judul skripsimu segera mendapat ACC dari dosen pembimbing.

Nah itu tadi beberapa tips agar judul skripsimu segera disetujui oleh dosen pembimbing. To sum up, ada 5 hal yang harus kamu pertimbangkan saat mengajukan judul kepada dosen pembimbing:

1. Topik penelitian yang relevan atau sesuai minat dan kemampuan

2. Urgensi atau manfaat dari penelitian

3. Kemudahan akses data

4. Kebaruan dalam penelitian

5. Pemahaman akan metode penelitian

Dengan menyiapkan semua hal ini, semoga judul skripsimu segera di-ACC oleh dosbing, ya!

Kamu juga bisa memberikan saran dan pertanyaan di kolom komentar atau melalui laman contact. 




Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Judul Skripsi Agar Cepat Disetujui Dosen Pembimbing"

Berlangganan via Email