Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber inspirasi topik atau judul skripsi

Orang bilang, ngerjain skripsi itu kayak cari jodoh. Banyak pilihannya sampai bingung memilih, atau justru tak ada gambaran sama sekali. Akan tetapi, satu hal yang pasti, kalau ingin berhasil, pilih satu dan setialah kerjakanlah.

Berikut beberapa rekomendasi sumber inspirasi bagi kamu yang masih bingung menentukan topik penelitian untuk skripsimu.
Sumber Inspirasi Topik Judul Skripsi


1. Skripsi kakak tingkat 

Skripsi dari senior atau kakak tingkat yang telah lulus bisa menjadi sumber inspirasi untuk topik skripsimu. Kamu bisa menggunakan model penelitian yang sama tetapi dengan objek yang berbeda, atau objek yang sama, tetapi membahas sisi yang berbeda, entah itu teori, metodologi, dan lain sebagainya. Kamu bisa menemukan ini di bagian saran atau rekomendasi dari bab 5 atau bab akhir skripsi mereka.

Kalau kamu punya kenalan kakak tingkat yang lumayan akrab, kamu bahkan bisa meminta waktunya untuk berdiskusi. Dengan begitu, kamu bisa melakukan brainstorming untuk menemukan gagasan-gagasan yang berguna untuk topik skripsimu. 

2. Situs online

Kalau kamu suka membaca artikel di internet, tanpa kamu sadari, itu juga bisa memberimu inspirasi dalam menentukan topik skripsi, lho. 

Bagi kamu mahasiswa jurusan ilmu hukum, Smartlegal.id atau hukumonline.com merupakan beberapa contoh situs yang bagus yang membahas suatu kasus berkaitan dengan hukum. Dengan membaca artikel-artikel mereka, kemungkinan kamu akan menemukan topik yang cocok untukmu. 

Psychologytoday.com atau channel youtube psych2go adalah beberapa contoh sumber yang membahas masalah terkait psikologi. Jika kamu rajin membaca artikel di sana, kemungkinan kamu akan menemukan beberapa topik menarik yang bisa kamu jadikan opsi untuk topik skripsimu. 

Halodoc.com atau alodokter.com. Sesuai namanya, situs ini menyediakan berbagai macam artikel terkait kesehatan dan kedokteran. Untuk kamu mahasiswa kedokteran atau jurusan lain di bidang medis atau kesehatan, situs ini bisa menjadi referensi yang bagus untukmu mengeksplorasi isu-isu kesehatan terkini. 

3. Sosial media 

Buat kamu yang hobi berselancar di sosial media, seperti instagram, facebook, youtube, dll, itu juga bisa memberimu inspirasi untuk menemukan topik skripsi, lho.

Beberapa topik di bawah ini bisa kamu dalami dengan mengeksplor lebih jauh dari sosial media.
  • Online marketing, marketing strategy
  • Gaya bahasa di kalangan pengguna sosial media tertentu 
  • Kasus UU ITE, kesesuaiannya dengan undang2 dan contoh kasus di pengadilan 
  • Kasus bajakan (pelanggaran copyright) yang sering terjadi 
  • Psikologi : cyber bullying, virtual identity, dll

4. Jurnal/ Penelitian terdahulu 

academia, researchgate
Kalau dari sumber sebelumnya kamu akan menemukan topik yang lebih santai, kali ini kamu akan menemukan topik yang lebih serius. Dalam jurnal penelitian, kamu akan menemukan topik-topik yang telah diteliti secara ilmiah. 

Dari sini, kamu akan belajar untuk membangun argumen-argumen menarik tentang mengapa penelitianmu penting untuk dilakukan, apa tujuannya, apa dampaknya bagi masyarakat atau pihak terkait, dan lain-lain. 

Di sini, kamu juga akan belajar tentang metodologi penelitian, tentang bagaimana para peneliti melakukan penelitian mereka, dan lain-lain. Intinya, artikel ilmiah atau jurnal itu hampir mirip seperti skripsi, hanya saja lebih singkat, berkisar antara 15-20 halaman per artikelnya. 

Bukan hanya sebagai inspirasi, artikel jurnal juga bisa kamu kutip (sitasi) untuk mendukung argumenmu dan agar argumenmu lebih kredibel karena telah diteliti sebelumnya.

5. Perpustakaan dan perpustakaan digital

Perpustakaan juga bisa menjadi sumber inspirasi topik skripsi. Dari buku-buku bacaan yang kamu baca, buku-buku penunjang kuliah, buku-buku teori dari para ahli, dan lain sebagainya. 

Bukan hanya sebagai gudang inspirasi, buku-buku di perpustakaan bahkan bahkan juga akan sangat diperlukan sebagai sumber referensi untuk bagian kajian pustaka atau bab 2 skripsimu.

Nah, jadi itu tadi beberapa sumber untuk menemukan inspirasi topik skripsi. Kalau kamu sudah mendapatkan topik yang tepat, saatnya kamu menyusun strategi agar judul skripsi segera di-ACC dosen pembimbing atau tips mengerjakan skripsi agar segera selesai.


Apa sudah ada yang kamu coba? Atau kamu punya sumber inspirasi lain yang mungkin berguna untuk para pejuang topik skripsi di luar sana? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar. 

Posting Komentar untuk "Sumber inspirasi topik atau judul skripsi"