Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Tujuan Orang Merantau Selain Kuliah

Kata ‘rantau’ sendiri dalam KBBI salah satunya berarti “daerah (negeri) di luar daerah (negeri) sendiri atau daerah (negeri) di luar kampung halaman”. Bisa diartikan dari sini merantau adalah meninggalkan kampung halaman untuk tujuan tertentu.


Merantau
Merantau. Source: pexels.

Setiap orang punya alasannya sendiri ketika memutuskan untuk pergi meninggalkan kampung halamannya. Setelah saya cari referensi di internet tentang alasan atau tujuan orang merantau, saya malah menemukan banyak artikel yang justru berisi tentang manfaat dari merantau–yang tentu saja tidak ada salahnya untuk dibaca, untuk menambah wawasan.

Akan tetapi, di artikel kali ini saya akan membahas tentang tujuan orang merantau jauh dari kampung halamannya. Berikut beberapa tujuan orang merantau:

1. Kuliah

Untuk kamu yang baru saja lulus dari SMA dan sederajat, pasti pernah terbesit keinginan untuk kuliah jauh dari rumah. Entah itu karena mungkin di tempat tinggalmu sekarang belum terdapat perguruan tinggi yang sesuai dengan ekspekstasimu atau mungkin karena alasan lain, jadi kamu memutuskan untuk kuliah jauh dari orang tua. 
Salah satu kendala yang biasanya dihadapi saat ingin kuliah jauh dari orang tua adalah terkait dengan izin dari orang tua itu sendiri. Ini adalah satu dari banyak faktor yang menyebabkan kamu gagal kuliah di kampus impian yang jauh dari kampung halaman. Untuk alasan yang ini, saya akan menulis artikel terpisah tentang bagaimana cara mendapatkan izin untuk kuliah di kampus yang jauh dari kampung halaman.

2. Kerja

Alasan lain kenapa orang memilih untuk pergi ke tempat perantauan adalah karena dia ingin mendapatkan pekerjaan yang dipikirnya lebih layak dan menjanjikan.
Untuk alasan ini, saya pernah berbincang dengan salah satu tetangga saya (saya berasal dari suatu kota kecil di Pulau Jawa). Waktu itu dia baru saja pulang dari merantau. Dia berkata kepada saya “Ini kota mati”.
Jangan memikirkan sesuatu yang seram dulu–karena kenyataannya bisa lebih seram dari itu. Yang dia maksud “kota mati” disini adalah bahwa perekonomian di kota ini tidak akan bisa berkembang. Hmm, sebenarnya bisa saja untuk berkembang, tetapi membutuhkan kontribusi dari banyak pihak. Nah, disini kamu bisa mempunyai cita-cita untuk memajukan perekonomian daerah dengan ilmu yang telah kamu dapatkan di perantauan.

3. Travelling

Mengingat definisi merantau yang bisa saja diartikan sebagai kegiatan bepergian yang jauh dari kampung halaman, travelling juga bisa dimasukkan pada kategori ini.
Kamu bisa pergi ke kota atau tempat yang jauh dari tempat tinggalmu dan berdiam beberapa lama di sana. Ini juga akan memberimu manfaat yang kurang lebih sama dengan tujuan merantau yang lainnya.

4. Menikah

Sebagian besar orang berencana untuk menikah dan membangun rumah tangga yang baru. Setelah menikah, kebanyakan pasangan akan tinggal bersama, yang menyebabkan mereka akan tinggal jauh dari kampung halaman. Kecuali, misal pasanganmu adalah orang yang berada di satu kampung yang sama denganmu.
Orang yang sudah menikahpun–dan kebetulan tinggal jauh dari kampung halaman–pasti juga akan mengalami homesick atau rindu rumah dan biasanya mereka akan mengunjungi kembali kampung halamannya saat lebaran, acara besar, dan lain-lain.

5. Menenangkan diri

Terkadang ada saja masalah yang sangat melelahkan dan menguras emosi kita yang bisa saja berupa masalah keluarga dan sebagainya. Disini, kita bisa saja untuk sejenak pergi bukan untuk melarikan diri dari masalah tapi untuk sejenak menenangkan diri dan agar bisa kembali dengan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak.

Bagaimana? Apa menurutmu ada tujuan lain orang untuk pergi merantau? Atau kamu punya pengalaman sendiri? Silakan berbagi di kolom komentar.

Post a Comment for "Beberapa Tujuan Orang Merantau Selain Kuliah"

Berlangganan via Email