Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Program Kerja KKN Dari Rumah (KKN-DR) Selama Pandemi Covid19

Pandemi covid19 telah mengubah setiap aspek kehidupan kita. Sejak outbreak nya virus ini di Indonesia pada Maret 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) juga learning from home atau pembelajarn jarak jauh (PJJ). 

Seluruh guru dan murid dituntut untuk beradaptasi dengan sistem ini. Mulai dari kelas online, penugasan online, bahkan sampai KKN online. 

Inovasi Program Kerja KKN Dari Rumah

Buat teman-teman yang kiranya sedang akan menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online, inovasi program kerja KKN di bawah ini mungkin bisa membantu.

1. Publikasi poster atau infografis melalui sosial media

Infografis covid19 instagram


Sejak merebaknya virus corona beberapa bulan lalu, banyak public figure atau pegiat kesehatan yang mendedikasikan sebagian waktunya untuk membagikan informasi yang bermanfaat lewat instagram atau media sosial lainnya.

Kamu bisa mengemas info yang ingin disajikan dengan tampilan yang menarik. Dengan cara ini, orang akan lebih mudah memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

Tidak harus selalu tentang pakai masker, ya. Kamu bisa menyelingi dengan informasi lain yang masih berhubungan, seperti: kondisi ekonomi saat pandemi, inspirasi hobi baru selama pandemi, dan lain-lain.

Dengan ini, kamu justru bisa belajar dan meningkatkan kehalian membuat desain dan mengekspresikan gagasan yang melalui cara yang tidak membosankan.

2. Publikasi video animasi yang menarik

Hal ini hampir sama dengan poin pertama. Buat kamu yang punya keahlian untuk membuat animasi, bisa juga menuangkan idenya untuk membuat animasi edukasi yang menarik.

Animasi seperti Nussa, cute girl, saat ini sedang banyak digemari oleh anak muda Indonesia. Bisa saja, dengan program kerja KKN ini justru akan menjadi animator hebat seperti mereka, kan?

3. Edukasi penggunaan beserta pembagian masker dan hand sanitizer

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya menggunakan masker dan hand sanitizer. Kamu bisa membuat program kerja pembagian masker dan hand sanitizer.

Tak perlu mahal, kamu bisa membuat hand sanitizer alami sendiri dari daun sirih dan jeruk nipis. Hand sanitizer dengan bahan dasar daun sirih dan jeruk nipis sudah diuji efektifitasnya oleh Ibu Dr. Retno Sari, M.Sc., Apt. beserta tim dan telah dituangkan dalam jurnal yan berjudul “Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn.).

Kamu juga bisa mencontohkan pembuatan masker sendiri di rumah atau video edukasi tentang pemakaian masker dengan benar.

4. Bimbingan belajar secara online

Seperti yang sudah kita ketahui, selain kebijakan WFH, pemerintah juga menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kamu bisa saja berkontribusi untuk mendampingi adek-adek atau bapak/ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran online.

5. Webinar atau seminar online

Program kerja selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu Webinar atau Seminar Online. Tema seminar bisa beragam. Mungkin kamu ingin membagikan tips masuk Perguruan Tinggi, suka duka selama kuliah, cara mendapatkan beasiswa, perekonomian selama pandemi, pariwisata, dan banyak lagi topik lainnya.

Pastikan memilih pembicara yang kompeten di bidangnya. Seperti webinar yang diselenggarakan oleh BRI beberapa waktu lalu, tentang cara mengubah hobi menjadi bisnis. Dengan Jerome Polin sebagai salah satu pembicara, webinar ini sukses mengumpulkan banyak peserta. Kamu nggak harus ngundang Jerome juga, ya 😆. Bisa teman atau kenalan yang menurut kamu punya kapabilitas untuk tema webinar yang akan diangkat.

Webinar bisa dilakukan melalui zoom, Google meet, dan lain-lain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti overload, kamu bisa juga melakukan live streaming via youtube atau instagram. Dengan begitu, peserta webinar yang tidak bisa mengakses zoom atau aplikasi webinar lain, mereka masih bisa mengikuti webinar lewat live streaming.

6. Edukasi menanam

Program kerja KKN selama pandemi tidak harus selalu tentang virus. Kamu bisa melakukan edukasi bermanfaat untuk masyarakat, misal dengan pelatihan penanaman sayuran, buah, atau bunga. Dengan ini, masyarakat bisa sejenak mengalihkan perhatiannya dari berbagai informasi tentang covid19. Selain untuk mengurangi stress, aktivitas ini juga produktif dengan hasil yang bisa dinikmati.

                                                             🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀

Melaksanakan KKN selama pandemi memang tidak mudah, karena hal tersebut benar-benar baru bagi kita semua. Akan tetapi, tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Jika dilaksanakan dengan sepenuh hati, kamu bisa memberikan dampak yang berarti untuk masyarakat.

Sama seperti teman-teman semua, Mine berharap pandemi ini bisa segera berakhir, agar kita semua bisa melaksanakan aktivitas normal seperti biasa, bukan new normal yang malah banyak disalah-pahami.

Mungkin kamu punya ide KKN lain yang lebih inovatif? Atau baru saja melaksanakan program KKN dari rumah atau KKN-DR? Bisa, ya, membagikan dengan teman-teman yang lain melalui komentar.

Post a Comment for "Ide Program Kerja KKN Dari Rumah (KKN-DR) Selama Pandemi Covid19"

Berlangganan via Email